Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh,dan Sistem Informasi Geografis
Kopentensi Inti :KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahKI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD) yang harus terpenuhi:3.3 Menganalisis jaringan transportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/ataucitra penginderaan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG) kaitannyadengan pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.4.3 Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra penginderaan jauh danSistem Informasi Geografis (SIG) untuk pengembangan potensi wilayah dankesehatan lingkungan.
Tujuan Pembelajaran:1. Menganalisis jaringan transportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/atau citra pengindraan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG)2. Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra pengindraan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta bertanggung jawab
Indikator Ketercapaian :1. Menunujukan sikap sikap bersungguh sungguh dalam belajar sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan Yang Maha Esa2. Dapat Menjelaskan ulang pengertian dari peta, pengideraan jauh, dan sistem informasi geografis3. Mampu memberikan cotoh dan menjelaskan manfaat peta, penginderaan jauh, dan sistem infomasi geografis untuk perencanaan jaringan transportasi, tata guna dan potensi wilayah, serta kesehatan lingkungan4. Mampu membaca contoh-contoh peta dan foto citra dalam perencanaan jaringan transportasi, tata guna dan potensi lahan, serta kesehatan lingkungan
Halo anak-anak hebat di Seluruh Penjuru Dunia, semoga selalu semangat dalam belajar. Senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan kepada kita, sehingga kita dapat terus belajar tanpa mengenal lelah. Jadilah generasi pejuang yang mencintai Bumi, planet kita tercinta dengan sepenuh hati. Halaman ini berisikan materi tentang Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Jaringan transportasi, Tata Guna Lahan, Pengembangan Potensi Wilayah dan Kesehatan Lingkungan. Materi Jaringan Transportasi meliputi konsep transportasi dan perencanaan transportasi, Materi Tata Guna Lahan meliputi faktor-faktor penetapan tata guna lahan, klasifikasi tata guna lahan, dan unsur-unsur interpretasi terkait tata guna lahan. Materi pengembangan potensi wilayah meliputi inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi dan materi kesehatan lingkungan meliputi pengertian kesehatan lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan. Materi ini sangat bermanfaat untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai penduduk Bumi yang baik dan benar kita diharapkan dapat memanfaatkan peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam semua bidang kehidupan. Semoga materi di website ini bermanfaat dan dapat memudahkan kalian dalam memahami serta menerapkannya.
Materi kali ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran:
Pertama
Kedua
Ketiga
Keempat
Kopentensi Inti :
KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
3.3
Menganalisis jaringan transportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/atau
citra penginderaan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG) kaitannya
dengan pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.
4.3
Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra penginderaan jauh dan
Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pengembangan potensi wilayah dan
kesehatan lingkungan.
Tujuan Pembelajaran:
1. Menganalisis jaringan transportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/atau citra pengindraan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG)
2. Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra pengindraan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta bertanggung jawab
Indikator Ketercapaian :
1. Menunujukan sikap sikap bersungguh sungguh dalam belajar sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan Yang Maha Esa
2. Dapat Menjelaskan ulang pengertian dari peta, pengideraan jauh, dan sistem informasi geografis
3. Mampu memberikan cotoh dan menjelaskan manfaat peta, penginderaan jauh, dan sistem infomasi geografis untuk perencanaan jaringan transportasi, tata guna dan potensi wilayah, serta kesehatan lingkungan
4. Mampu membaca contoh-contoh peta dan foto citra dalam perencanaan jaringan transportasi, tata guna dan potensi lahan, serta kesehatan lingkungan
Halo anak-anak hebat di Seluruh Penjuru Dunia, semoga selalu semangat dalam belajar. Senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan kepada kita, sehingga kita dapat terus belajar tanpa mengenal lelah. Jadilah generasi pejuang yang mencintai Bumi, planet kita tercinta dengan sepenuh hati.
Halaman ini berisikan materi tentang Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Jaringan transportasi, Tata Guna Lahan, Pengembangan Potensi Wilayah dan Kesehatan Lingkungan. Materi Jaringan Transportasi meliputi konsep transportasi dan perencanaan transportasi, Materi Tata Guna Lahan meliputi faktor-faktor penetapan tata guna lahan, klasifikasi tata guna lahan, dan unsur-unsur interpretasi terkait tata guna lahan. Materi pengembangan potensi wilayah meliputi inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi dan materi kesehatan lingkungan meliputi pengertian kesehatan lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan.
Materi ini sangat bermanfaat untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai penduduk Bumi yang baik dan benar kita diharapkan dapat memanfaatkan peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam semua bidang kehidupan. Semoga materi di website ini bermanfaat dan dapat memudahkan kalian dalam memahami serta menerapkannya.
Materi kali ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran:
Pertama
Kedua
Ketiga
Keempat
0 Komentar